Selasa, 03 Januari 2012

Atur Cara Belajar Kita, yuk !


Sebagai seorang mahasiswa memang sudah menjadi tugas utama kita untuk pergi kuliah. Walaupun terkadang kita malas banget untuk melakukannya, tapi kuliah dan belajar adalah kewajiban kita sebagai seorang mahasiswa, dan untuk kebaikan kita sendiri lho. Biar hasilnya juga optimal, sebaiknya kita mengatur cara belajar biar tidak serabutan. Sudah tidak zamannya lagi deh belajar habis-habisan hanya saat menjelang ujian. Supaya tidak keteteran, banyak cara yang bisa kita lakukan. Caranya pun diantaranya: 

· Atur jam belajar kita sebaik mungkin pada waktu-waktu dimana tingkat konsentrasi kita sedang tinggi-tingginya. Misalnya, malam hari setelah beristirahat atau pagi sebelum berangkat ke kampus. Hindari belajar pada siang atau sore hari karena pada rentang waktu ini badan kita masih lelah dan sulit untuk fokus. 

· Bikin catatan semenarik mungkin agar kita tidak butek saat membacanya lagi. Kalau tidak sempat membuat catatan rapi dikelas, tulis catatan secara sembarang dulu di kertas buram, setelah itu baru disalin yang rapi di buku catatan. Mengulang mencatat sama juga dengan belajar lho. 

· Biasakan untuk membaca lagi buku atau catatan kita setiap hari. Tidak usah banyak-banyak, paling tidak lakukan hal ini selama setengah jam setiap harinya. Dengan begini, beban yang harus kita pelajari tidak menumpuk sehingga tidak perlu panik kalau ada tes mendadak. 

· Jangan memaksakan diri kita berkutat pada pelajaran terlalu lama. Riset mengatakan, waktu konsentrasi optimal manusia adalah 20 menit. Jadi, tidak ada salahnya menyelingi waktu belajar kita, misalnya dengan mengambil camilan. 

· Mulai jam belajar kita dengan mata kuliah yang paling kita sukai. Sehingga, kita akan tetap semangat karena merasa nyaman dengan mata kuliah yang digemari itu. 

· Paksa diri untuk disiplin dan mematuhi jadwal belajar yang sudah kita tentukan sendiri. Tidak ada salahnya memberi tahu orang-orang rumah untuk mengingatkan kita. Tapi, jangan lantas bete dan marah saat mereka mengingatkan kita yaa… 

Sumber: Majalah gadis Edisi Tahunan 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar