Minggu, 01 Januari 2012

BERANI UNTUK MEMINTA MAAF


M-a-a-f! sebuah kata yang sangat simple, namun kenyataannya, meminta maaf tidaklah sesederhana kata itu sendiri. Dibutuhkan keberanian ekstra untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan kita. Bahkan, ada beberapa di antara kita yang merasa ini merupakan aksi tersulit di dunia. Tapi, sulit bukan berarti nggak mungkin,kan? Apalagi tindakan ini bisa membebaskan kita dari perasaan bersalah. Ayo kumpulkan keberanian dan mulailah minta maaf! Cara –cara kita untuk meminta maaf, diantaranya: 

1. Buatlah daftar kesalahan kita dan nama orang-orang yang pernah kita sakiti karena kesalahan kita tersebut. 
2. Atur rencana, strategi dan waktu yang tepat untuk meminta maaf. 
3. Kalau bisa sih, saat kita minta maaf, hanya ada kita dan pihak yang ingin kita mintai maaf. Dengan kata lain, atur pertemuan yang sifatnya private. Selain agar tidak ada intervensi dari pihak lain, cara ini bisa mengurangi rasa malu kita karena harus minta maaf duluan. 
4. Sampaikan permintaan maaf kita dengan tulus. Salah satu caranya adalah dengan memandang mata lawan bicara kita ketika kita mengucapkan kata sakti tersebut. 
5. Ucapkan kata maaf dengan tegas dan yakin, sehingga teman kita benar-benar yakin kalau kita sungguh-sungguh dengan permintaan maaf tersebut. 
6. Kalau ternyata orang yang mau kita mintai maaf terlanjur marah dan tidak mau ketemu langsung dengan kita, permintaan maaf bisa disampaikan lewat SMS, e-mail atau surat. 
7. Sudah susah payah, ternyata dia tidak mau memaafkan kita? Jangan langsung marah, terimalah keputusan tersebut dengan ikhlas. Yang penting kita sudah menunjukkan niat baik. Mungkin dia perlu berpikir terlebih dahulu sebelum akhirnya memaafkan kita. 
8. Dimaafkan atau tidak kesalahan yang sudah kita perbuat, berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Tapi, jangan Cuma asal janji tanpa ditepati, ya. Nggak mau kan, jatuh ke lubang yang sama lagi untuk kedua kalinya?. 

SUMBER: Majalah Gadis Edisi Tahunan 2009

1 komentar: