Senin, 02 Januari 2012

BERANI UNTUK MENERIMA TANTANGAN


Tantangan. Hmm, mendengar namanya saja beberapa dari kita sudah bergidik ngeri. Well, biasanya kita membayangkan sesuatu yang ekstrim dan berbahaya kalau mendengar kata satu ini. Tapi tahu nggak sih, yang namanya tantangan itu tidak selamanya menyeramkan. Malah, tantangan ini biasanya hanya berupa kegiatan di luar kebiasaan kita. Kuatkan tekad kita dan beranikan diri untuk melakukan hal-hal yang beda!. 

· Berani menerima tantangan berarti memberi diri kita kesempatan untuk mencoba satu hal baru. Jadi, anggap saja menerima tantangan itu sebagai salah satu cara mencari pengalaman baru. Dengan berpikir seperti itu kita akan lebih tenang menjalani tantangan di hadapan kita. 

· Jangan jadi orang yang dangkal dengan menolak hal-hal yang baru. Selama tantangan itu tidak berbahaya dan tidak merugikan kita, tidak ada salahnya kita coba. Dengan berani membuka diri terhadap sesuatu yang berbeda, kita juga memberi kesempatan pada diri kita untuk jadi lebih pintar dan berwawasan lebih luas. 

· Eksplor limit kita. Selama kita belum benar-benar mencoba, kita tidak akan benar-benar tahu. Jadi kalau selama ini kita biasanya hanya mengira-ngira batasan kita, sekarang tantang diri sendiri untuk melakukan segalanya melebihi batasan kita biasanya. Jangan berhenti sampai kita benar-benar tidak sanggup lagi. Siapa tahu kita bisa menciptakan rekor pribadi kita sendiri. 

· Jangan takut bilang “iya”. Kadang yang membatasi kita adalah keraguan kita sendiri. Jadi sekarang, jangan ragu bilang’iya’ apabila kita ditantang untuk melakukan sesuatu. Selama itu tidak merusak nama baik, tidak membahayakan nyawa, kenapa harus bilang ‘tidak’? 

· Bebaskan diri kita dari rasa takut dan tidak pede. Kita masih muda, masih banyak banget hal-hal di dunia ini yang kita tidak tahu dan belum coba. Jadi, jangan biarkan rasa rendah diri kita malah jadi batasan yang membelenggu dan membuat diri kita tidak berkembang. 

Sumber: Majalah Gadis Edisi Tahunan 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar