Selasa, 03 Januari 2012

Bangun Sugesti Positif


Berhasil atau tidak, senang atau sedih, dan puas atau kecewanya diri kita, nggak terlepas dari sugesti lho. Nggak percaya? Coba deh baca artikel atau biografi tentang tokoh atau seleb yang sukses, pasti dari dulu mereka sudah punya pemikiran dan semangat positif akan masa depan. Dalam agama pun kita diajarkan untuk nggak berprasangka dan pantang pesimis,kan? Nah, ini cara ampuh membangun sugesti positif yang bisa kita lakukan dalam satu hari. Coba, yuk! Ini tipsnya:

1. Bangun pagi diawali dengan memanjatkan doa, sebagai bentuk syukur karena kita masih bisa menikmati satu hari lagi, dan juga doa untuk harapan kita hari ini.

2. Ketika bersiap di cermin katakan kata “sakti” pada diri sendiri, seperti,’’Aku adalah orang yang paling cantik dan beruntung”.

3. Sebelum melangkahkan kaki ke luar rumah, camkan bahwa hari ini kita akan menemukan hal menarik baru. Bisa berupa pengalaman atau teman.

4. Di mobil atau dalam perjalanan, sempatkan baca buku atau artikel majalah yang menginspirasi. Semangat dari cerita inspiratif tersebut bisa menular ke diri kita.

5. Di tengah kesibukan yang padat di kampus atau tempat les, sempatkanlah untuk menyemagati diri sendiri. Misalnya dengan meng-SMS gebetan, atau ngobrol dengan teman. Pikirkan bahwa kita dikelilingi oleh orang-orang menyenangkan yang sayang sama kita.

6. Time-out dari semua kegiatan selama beberapa menit, dan isi dengan melakukan yoga ringan, memejamkan mata sambil relaksasi, atau ibadah shalat(untuk yang muslim) diiringi doa.

7. Bertemu banyak orang di hari padat kita, merupakan kesempatan untuk melepasakan segala prasangka serta membangun pemikiran positif dan sikap bersahabat. Percayalah, setiap orang yang kita temui pasti memberi warna tersendiri dalam hidup kita.

8. Di tengah rasa lelah setelah serangkaian kesibukan, tersenyumlah dengan tulus kepada orang lain. Kalau kita tersenyum dari hati, pasti akan membawa kesejukan.

9. Di penghujung hari, ketika merenung atas kegagalan dan apa yang belum tercapai hari ini, ingatlah bahwa masih ada hari esok.

10. Sebelum tidur, tutuplah hari kita dengan mengucapkan rasa syukur atas hari yang telah dialami.

Sumber: Majalah Gadis Edisi Tahunan 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar