Minggu, 01 Januari 2012

HEMAT AIR


Air yang menjadi sumber kehidupan makhluk di bumi ini semakin hari jadi semakin langka,lho. Penyebabnya macam-macam. Di antaranya, kemarau berkepanjangan , juga sumber air yang telah tercemar limbah. Makanya mulai sekarang kita harus mencanangkan hemat air di kehidupan kita sehari-hari. Adapun cara yang dapat kita lakukan: 

1. Mandi Cukup Dua Kali Sehari

Keringatan dikit, mandi. Kena debu dikit, mandi. Wah, boros air banget yah. Mandilah di pagi hari agar badan terasa segar dan sore hari untuk membersihkan badan kita setelah seharian beraktivitas. Mandi keseringan juga bisa bikin kulit kita kering,lho. Gunakan shower, karena terbukti lebih hemat air dibandingkan mandi dengan gayung. Jangan lupa matikan shower ketika kita sedang sabunan atau keramas. 

2. Ingat untuk Selalu Mematikan keran

Coba ingat-ingat, kita pasti sering membiarkan keran tetap mengucur saat lagi nyabunin tangan, gosok gigi, atau saat lagi nyuci piring. Mulai sekarang kita harus berjanji untuk mematikan keran saat kita sedang sibuk melakukan hal lain. 

3. Betulkan Keran yang Rusak
Jangan berdiam diri melihat keran yang bocor. Ingat, walaupun dimata kita keran yang bocor itu hanya meneteskan air yang sedikit , tapi coba deh kita tampung air itu dalam semalam. Dan lihat berapa ember air yang terbuang percuma. Padahal, dibelahan dunia yang lain air orang bisa kehilangan nyawanya hanya gara-gara mempertahankan seember air. 

4. Mencuci dengan Pintar

Jangan sering-sering mencuci piring atau baju dalam jumlah sedikit. Sebaiknya cucilah dalam jumlah yang banyak sekaligus. Begitu juga dalam menyiram tanaman. Siramlah tanaman kita setelah tiga hari tidak turun hujan. 

5. Habiskan Air Mineral

Kalau kita membeli air mineral dalam botol plastik di restoran ataupun di pinggir jalan dan tidak habis, jangan dibuang begitu saja. Bawa air itu untuk diminum dalam perjalanan atau buang airnya ke tanaman. Pokoknya, jangan sia-siakan air yang kita terima. 


SUMBER: Majalah Gadis Edisi Tahunan 2009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar