Senin, 02 Januari 2012

BERANI UNTUK BERTANYA ITU BAIK


Disaat pak dosen menerangkan pelajaran di depan kelas, seringkali ada beberapa hal  yang tidak kita mengerti. Mau nanya, takut dibilang bodoh. Kalau tidak nanya, nanti tidak bisa jawab soal ujian. Nah, situasi seperti ini memang wajar banget terjadi, kok. Tapi, bukan berarti kita jadi tidak boleh bertanya. Ingat kata pepatah kan, malu bertanya sesat dijalan. Kalau memang bingung atau tidak tahu, bertanyalah! Tapi, perhatikan rambu-rambu berikut ini juga, ya :

YES
·  Tenangkan diri kita biar tidak gugup saat bertanya. Kalau gugup, pertanyaan yang keluar dari mulut kita akan terdengar tidak jelas karena kita terbata-bata saat mengucapkannya. Biasanya sih, kita sering gugup saat bertanya dengan orang yang belum kita kenal. Makanya, anggap saja orang ini sebagai teman lama kita.
·    Bertanyalah dengan kalimat yang sopan dan jelas. Supaya si penjawab menghargai kita dan kita bisa mendapatkan jawaban yang ramah.
·       Sebisa mungkin, fokus sama pertanyaan kita. Maksudnya, tanyakan satu hal dalam satu waktu. Jadi, si penjawab bisa menangkap lebih jelas arah pertanyaan kita dan tidak bingung member jawabannya.

NO
·   Tidak lihat-lihat situasi dan kondisi saat mau bertanya. Misalnya, kita memotong pembicaraan orang lain. Bukannya dapat jawaban, yang ada kita justru dikira tidak sopan. Bisa gawat nanti!.
·   Mengulang pertanyaan yang sama selama beberapa kali. Itu menandakan kalau kita tidak menyimak jawaban dari orang yang kita Tanya.
·  Pertanyaan yang keluar dari jalur juga tidak asyik, tuh! Kita boleh bertanya banyak tentang suatu masalah, tapi jangan sampai tidak nyambung dengan apa yang lagi dibicarakan ya.

Sumber: Majalah Gadis Edisi Tahunan 2009 dengan perubahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar