Sabtu, 14 Mei 2011

Cara mudah mengatasi mata lelah

Kurang tidur, membaca di tempat yang kurang terang, terlalu lama menonton televisi atau di depan layar komputer, bisa membuat mata kita menjadi cepat lelah. Bila hal itu, terus dibiarkan tentu akan mengganggu penampilan dan kecantikan kita. Sebab, mata yang lelah akan terlihat kuyu, kurang bercahaya, dan bahkan kita bisa timbul lingkaran hitam di daerah sekitar kelopak mata. Nah, kita akan membahas cara mencegah dan mengatasinya.

1. Cara Mencegah Agar Mata Tidak Mudah Lelah
 Saat asyik membaca, menonton televisi, atau menggunakan komputer, sesekali lakukan jeda sekitar 10-15 menit untuk mengistirahatkan mata. Cara lainnya adalah dengan sering mengedipkan mata agar selalu lembab.
 Saat menggunakan komputer, aturlah jarak antara mata dengan layar komputer sekitar 55 cm.
 Hindari kebiasaaan membaca atau menulis sambil tiduran
 Usahakan cukup tidur, terutama malam hari, minimal 8 jam
 Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A( wortel, pepaya,)

2. Mengatasi Mata Lelah
Kompreslah mata kita dengan timun atau teh celup setiap 3 hari sekali. Waktu paling baik adalah pada malam hari sebelum tidur, supaya saat kita bangun esok paginya mata kita sudah segar.

Caranya:
 Letakkan irisan timun pada kelopak mata yang tertutup selama 10-15 menit. Ulangi sekali lagi. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan seka dengan handuk.
 Ambil teh celup dan masukkan ke dalam air sebentar, kemudian kita masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di dalam kulkas. Bila sudah dingin, kita gunakan untuk mengompres mata seperti dengan timun tadi.
 Lakukan pemijatan ringan di seputar mata kita. Caranya, buat gerakan melingkar dari arah hidung ke pelipis dengan jari.

Do You Know?
 Pada saat kita membaca buku, pupil mata hanya bergerak 1-5 kali per menit
 Pada saat kita menggunakan komputer, pupil mata akan bergerak 75.000-150.000 kali per menit, sehingga mata kita akan cepat lelah.

SUMBER: MAJALAH GIRLS #EDISI 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar