Sabtu, 14 Mei 2011

Merawat gigi yang baik

Membersihkan gigi secara teratur dan benar adalah kunci menjaga kesehatan gigi. Cara menggosok atau membersihkan gigi yang kurang tepat, akan membuat sisa makanan jadi menumpuk di gigi dan mengakibatkan gigi jadi mudah rusak.
1. Merawat gigi yang baik, yaitu:
• Jangan malas menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur, dan biasakan berkumur setiap kali selesai makan dan minum-minuman yang manis.
• Menggosok gigi yang benar adalah menggosok gigi bagian bawah dengan gerakan dari bawah ke atas, dan untuk gigi bagian atas gosok dari atas ke bawah. Untuk keseluruhan gigi atau ketika gigi mengatup, gerakan sikat gigi sebaiknya atas bawah dan agak sedikit memutar,sehingga sisa makanan yang menyelip di gigi bisa terlepas
• Jika mungkin, gunakan sikat gigi elektrik karena memiliki kemampuan menggosok lebih baik dari gerakan tangan. Namun, menggosok gigi dengan sikat gigi elektrik sebaiknya sambil berkaca agar sikat gigi tidak mengenai dan melukai gusi.
• Agar sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi bisa dibersihkan dengan lebih seksama, coba pakai dental floss ( benang gigi).

2. Tips Agar Gigi Tidak Kuning dan Cepat rusak
• Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung pewarna, misalnya makanan sejenis kari, dan minuman yang mengandung cafein atau yang bisa menyebabkan perubahan warna terhadap gigi, misalnya teh dan kopi
• Hindari makanan yang asam dan manis atau banyak mengandung gula, terlebih yang mudah menempel di gigi, seperti kue atau cokelat dan aneka permen

3. Do you Know?
• Gantilah sikat gigi paling nggak 3 bulan sekali atau setelah sembuh dari sakit. Karena sikat gigi yang sudah lama dan sering dipakai, biasanya telah rusak strukturnya sehingga kurang maksimal untuk membersihkan gigi, dan kemungkinan telah banyak bakteri yang menumpuk pada bulu sikatnya.
• Permen karet yang nggak mengandung pemanis bisa dikonsumsi untuk membersihkan gigi dalam keadaan darurat.

** Jangan Pernah Lupa Untuk Memeriksakan Gigi 6 Bulan sekali.

SUMBER: MAJALAH GIRLS EDISI 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar