Sabtu, 14 Mei 2011

Kenapa kita bisa Cegukan ?

Cegukan bukan penyakit, tetapi rasanya tidak enak dan menjengkelkan. Sebab. Cegukan bisa mengganggu penampilan dan kegiatan kita. Selain itu,jika cegukan terjadi saat kita sedang makan atau berkumpul dengan orang lain, kita akan malu karena kesannya tidak sopan. Lalu, kenapa kita bisa cegukan?
Cegukan bisa terjadi karena kontraksi otot-otot pernapasan secara tiba-tiba, dimana diagframa atau otot dibawah paru-paru mengalami kram(kejang otot). Kram ini menyebabkan ruang antara pita suara(epiglottis) menutup dengan cepat, sehingga terjadi cegukan. Cegukan umumnya terjadi berulang-ulang hampir tiap menit. Dalam istilah kedokteran, cegukan disebut hiccups.

1. Penyebab Cegukan
 Makan yang terlalu cepat atau terburu-buru
 Perubahan suhu yang mendadak
 Makan makanan yang terlalu pedas
 Tertawa atau batuk terlalu keras
 Minum minuman bersoda

2. Cara menghilangkan cegukan, yaitu:
• Tahan napas sekitar 15 detik. Lalu, lepaskan secara pelan-pelan
• Minum segelas air dingin secara pelan-pelan sambil menahan napas, agar diagframa yang kram tadi kembali normal
• Letakkan kantong atau kertas tertutup di dalam mulut dan bernapaslah selama kurang lebih 1 menit. Ini bertujuan untuk menahan dan meningkatkan karbondioksida(CO2),sehingga akan menekan aktivitas saraf di otak yang memicu terjadinya cegukan. Setelah satu menit, kita bisa beristirahat dan kemudian mengulanginya lagi
• Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang
• Makan satu sendok teh gula atau selai kacang, kemudian minum
• Makan serutan es batu

3. Do you know?
Cegukan biasanya hanya berlangsung beberapa menit dan tidak berbahaya. Namun, perlu diwaspadai jika cegukan tidak kunjung hilang hingga sehari penuh, atau bahkan lebih lama walaupun sudah minum. Sebab, selain terasa enek dan melelahkan, cegukan yang berlangsung terus-menerus dan lama bisa menjadi tanda atau gejala adanya suatu penyakit. Oleh karena itu, segeralah ke dokter bila cegukan tak kunjung hilang.


SUMBER: MAJALAH GIRLS #EDISI 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar