Kamis, 12 Mei 2011

Mari Mengenal 4 Tipe Kepribadian Masing- Masing Individu

Setiap umat manusia di dunia memiliki berbagam macam tipe kepribadian yang berbeda satu sama lain. Kepribadian terbentuk secara individualis, dan tumbuh secara alamiah dalam diri kita. Menurut Florence Littaeur, ada 4 tipe kepribadian, yaitu :

1. Koleris alias si Kuat
Sifat yang menonjol dari orang yang berkpribadian koleris yaitu perhatiannya yang selalu tertuju pada hasil akhir. Orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini biasanya memiliki sifat keras kepala dan susah diatur. Sebaliknya, ia justru suka mengatur dan menyuruh- nyuruh orang untuk melakukan sesuatu yang diinginkannya. Orang yang bertipe seperti itu sering mendapatkan julukan Bossy ( si tukang atur).
Namun, orang bertipe ini juga memiliki sifat tangkas, kuat, dan tidak mudah menyerah pada rintangan atau kesulitan. Orang koleris biasanya sangat menyukai tantangan dan petualangan. Contohnya, ia lebih menyukai olahraga yang menantang seperti panjat tebing, motorcross, dan paintball.


2. Melankolis alias si sempurna
Salah satu ciri orang berkepribadian melankolis adalah selalu berpikir dulu sebelum bertindak. Ia selalu membuat rencana dan jadwal kegiatannya secara rapi. Ia juga suka mencatat dan tekun dalam urusan hitung-menghitung.
Karena sifatnya yang suka berpikir, orang yang berkepribadian melankolis cenderung pendiam dan berbicara seperlunya, karena ia selalu mempertimbangkan akibat dari apa yang diucapkannya.


3. Sanguinis alias si Populer
Orang yang berkepribadian sanguinis adalah orang yang populer dan selalu dikerubungi teman-temannya dimanapun ia berada. Pembicaraanya selalu ditunggu, bahkan apapun yang diucapkannya selalu terdengar lucu, segar, dan menyenangkan. Namun, kalau ia sudah berbicara biasanya akan sulit berhenti dan tidak mau memberi kesempatan kepada orang lain.
Emosi orang sanguinis biasanya mudah berubah. Sejenak dia sangat happy, namun berubah menjadi pemurung, karena itu ia memiliki sifat yang berubah yang bergantung pada moodnya atau moody. Orang sanguinis pun suka lupa dengan janjinya. Tipe seperti ini cenderung tidak rapi.




4. Phlegmatis alias si Cinta Damai
Orang phlegmatis adalah orang yang pembawaanya kalem, kalem disini bukannya diam, tapi ia tidak ingin mencari masalah sehingga cenderung penurut. Bahkan, ia bersedia mengalah walaupun sebenarnya dirugikan.
Orang phlegmatis adalah pendengar yang baik. Ia bisa dijadikan teman curhat yang baik. Namun, orang bertipe phlegmatis cenderung kurang mempunyai motivasi atau dorongan semangat yang kuat untuk melakukan sesuatu. Ia harus dimotivasi dulu oleh orang lain.


Dari 4 tipe kepribadian diatas, kita juga bisa mengamati tipe kepribadian orang lain dari cara ia melakukan sesuatu, yaitu:
 Orang Koleris: akan melakukan sesuatu menurut kehendaknya
 Orang Melankolis: akan melakukan sesuatu kalau caranya benar
 Orang Sanguinis: akan melakukan sesuatu secara menyenangkan
 Orang Phlegmatis: akan melakukan sesuatu menurut cara yang paling aman dan mudah.

SUMBER: MAJALAH GIRLS : 1, dengan sedikit perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar