Kamis, 12 Mei 2011

Mari Kita Kenali Zat-zat Berbahaya Dalam Makanan Kita


Guys, makanan yang biasa kita makan bisa tidak menjadi sehat untuk tubuh kita. Dalam era globalisasi, semakin marak berita yang menayangkan berbagai macam makan sehari-hari yang kita konsumsi sudah dicampuri dengan berbagai zat kimia yang tentu sangat berbahaya dengan tubuh kita, seperti tahu, ikan, ayam yang mengandung formalin, serta zat kimia lainnya. Maka dari itu, mari kita kenali zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita guys.

1.     Formalin
   Formalin adalah zat kimia yang berbahaya untuk tubuh kita karena formalin biasa digunakan sebagai DESINFEKTAN ( pembasmi atau pencegah infeksi), pengawet bangkai atau mayat, dan juga merupakan bahan baku pembuatan plastik.
   Jika makanan yang kita makan mengandung zat formalin akan mengakibatkan efek yang buruk bagi tubuh kita baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.
Jangka pendeknya jika mengkonsumsi makanan mengandung formalin, yaitu:
-   Pusing
-   Mual
-   Sakit perut
            Jangka panjangnya jika terlalu sering mengkonsumsi makanan berformalin, yaitu:
-   Sakit perut akut
-   Buang Air Besar Berdarah
-   Kerusakan Hati
-   Kerusakan Ginjal
-   Kematian.

2.    Boraks
Boraks merupakan zat kimia yang biasa digunakan dalam industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Borakspun juga biasa digunakan untuk pembasmi kecoa, dan bahan pematri logam.
Zat ini disalahgunakan sebagai campuran makanan, agar tekstur makanan dan bentuknya bagus. Boraks biasa ada pada bakso
3.    Monosodium Glutamate
Monosodium Glutamate ( MSG), atau yang biasa disebut dengan vetsin ini adalah zat kimia yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan atau penguat rasa. MSG ini memberikan rasa gurih dan lezat pada makanan yang kita konsumsi.
Yang perlu kita ketahui, penggunaan MSG secara kontinu( terus-menerus) akan mengakibatkan Hipertensi, Kerusakan Otak, hingga memicu Kanker.

4.    Sakarin
Sakarin atau saccharin(Sa) merupakan zat pemanis buatan. Biasanya, sakarin terdapat pada Cemilan, Es, Coklat, dll. Penggunaan zat Sakarin yang berlebihan ini akan memicu ke beberapa penyakit yang sangat bahaya, diantaranya:
~ Kehilangan Daya Ingat                             ~ Asma
~ Insomnia( Susah Tidur)                           ~ Hipertensi
~ Kanker Otak                                               ~ Sakit Perut
~ Kanker Kandung Kemih
~ Diare

5.    Melamin
Melamin merupakan bahan kimia yang banyak digunakan pada industri plastik, lem, serta peralatan makanan dan minuman. Melamin ini dilarang keras untuk dicampur dengan bahan makanan yang kita konsumsi. Penggunaan Melamin pada makanan yang kita makan akan menimbulkan beberapa penyakit, yaitu:
~ Kerusakan Fungsi Ginjal
~ Gangguan Pencernaan Akut
~ Kerusakan fungsi hati dan Otak            

SUMBER: MAJALAH GIRLS: 8 ,dengan sedikit perubahan.

1 komentar: